Banyak keluarga yang menginginkan dan membutuhkan perawatan pasca ICU di rumah untuk anggota keluarganya setelah keluar ruang ICU di rumah sakit. Ini karena pendampingan pasien di rumah sakit terus menerus membutuhkan komitmen waktu yang dapat merubah pola hidup keluarga pendamping.
Oleh sebab itu, Kavacare menyediakan layanan perawatan pasca ICU 24 jam di rumah Anda. Perawatan pasca ICU termasuk kunjungan berkala dari dokter, pendampingan aktivitas sehari-hari oleh perawat seperti hygiene, makan, atau minum, serta tindakan medis non intensif seperti perawatan NGT, kateter, luka, infus, pemberian obat melalui IV, dan banyak lainnya. Hubungi Kavacare Support di WA 0811 1446 777.
Apa Saja Layanan Pasca ICU di Rumah?
Beberapa layanan intensif perawatan pasca ICU di rumah:
- Pendampingan oleh tim perawat medis selama 24/7. Tim perawat per pasien terdiri dari 2-5 orang perawat. Perawat pendamping dapat melakukan tindakan-tindakan medis seperti memberikan infus, injeksi obat, perawatan luka dekubitus atau luka pasca operasi, perawatan dan penggantian NGT / kateter / perban, dan lainnya
- Pengawasan oleh tim dokter Kavacare. Tim medis yang mendampingi pasien akan melaporkan kondisi pasien secara berkala kepada tim dokter Kavacare untuk pengawasan perkembangan kondisi pasien
- Telekonsultasi dokter umum dan dokter spesialis
- Pemeriksaan laboratorium di rumah secara berkala dan interpretasi hasil pemeriksaan oleh dokter
- Kunjungan ahli fisioterapi atau terapi okupasi untuk menjaga kekuatan otot pasien yang tirah baring dalam waktu lama. Apabila tidak melakukan fisioterapi secara rutin, ditakutkan pasien akan mengalami badan kaku, lemah, berat badan menurun, dan menghambat pemulihan pasien.
- Penyewaan alat kesehatan di rumah seperti bed pasien, tabung oksigen, kursi roda, kasur dekubitus, suction, nebulizer, syringe pump, infus pump, bahkan monitor tanda vital (ttv) dan ventilator.
Cara Mendapatkan Layanan Perawatan Pasca ICU di Rumah
Perawatan pasca ICU membutuhkan koordinasi dari berbagai pihak dan tidak sedikit hal yang perlu dipersiapkan. Misalnya, koordinasi dengan tenaga medis di rumah sakit, rencana perawatan homecare, alat kesehatan yang masih digunakan pasien, hingga obat-obatan pasien.
Perencanaan perawatan pasca ICU di rumah biasanya membutuhkan waktu 3-7 hari untuk membuat persiapan yang menjamin keamanan dan kenyamanan pasien serta keluarga. Hubungi Kavacare Support di WA 0811 1446 777.
Berikut proses untuk mendapatkan perawatan pasca ICU di rumah:
- Keluarga pasien menghubungi Kavacare dan memberikan data identitas pasien seperti KTP, hasil pemeriksaan laboratorium atau pemeriksaan penunjang lainnya, serta lokasi saat ini pasien dirawat. Kavacare akan memberikan gambaran rencana perawatan yang mungkin diterima pasien.
- Tim Case Manager Kavacare akan menjadwalkan kunjungan untuk melihat kondisi pasien dan menghubungi dokter penanggung jawab (DPJP) pasien di Rumah Sakit. Pada kunjungan ini akan dilihat apa saja yang dibutuhkan oleh pasien dan apa yang perlu dipersiapkan untuk perawatan intensif di rumah.
- Tim Case Manager akan membuat rencana perawatan yang akan diberikan termasuk penyewaan alat kesehatan, jam jaga perawat di rumah, kunjungan berkala dokter, fisioterapis, atau ahli gizi. Rencana perawatan tersebut akan didiskusikan kepada DPJP pasien di rumah sakit serta dengan keluarga. Apabila keluarga menyetujui rencana perawatan dan estimasi biaya yang diberikan, perawatan dapat dimulai.
Apa Saja Alat Kesehatan yang Dibutuhkan Pasien Pasca ICU?
Berikut ini daftar alat kesehatan yang dibutuhkan pasien di rumah pasca ICU. Kavacare menyediakan penyewaan alat-alat kesehatan berikut:
Nama alat | Fungsi alat | Gambar / Ilustrasi |
Bed Pasien | Bed pasien (tempat tidur rumah sakit) memiliki penjaga di sisi ranjang untuk keamanan pasien dan memiliki fitur lain untuk kenyamanan pasien | |
Tabung oksigen | Terdapat beberapa ukuran tabung oksigen yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Sebaiknya memiliki 1-2 tabung ekstra untuk pengganti apabila tabung yang sedang digunakan habis. Hampir seluruh perawatan pasca ICU di rumah yang dilayani oleh Kavacare membutuhkan tabung oksigen | |
Kasur Dekubitus | Kasur dekubitus dirancang untuk mencegah munculnya atau meringankan luka tekan. Luka tekan banyak terjadi pada pasien pasca ICU karena pasien terlalu lama berbaring pada posisi yang sama. | |
Suction | Suction digunakan untuk menghisap cairan yang diproduksi oleh tubuh. Umumnya untuk menghisap air liur dan dahak pada pasien yang mengalami penurunan kesadaran. | |
Nebulizer | Nebulizer digunakan oleh pasien yang membutuhkan terapi pengobatan berupa uap, cara kerjanya dengan mengubah obat yang berbentuk cair menjadi uap | |
Syringe Pump | Alat ini berfungsi untuk mengatur laju tetes cairan obat | |
Infus Pump | Alat ini berfungsi untuk mengatur laju tetes cairan infus | |
Monitor TTV | Dengan melakukan monitor TTV (tanda-tanda vital), dapat dipantau suhu tubuh, detak jantung, tekanan darah, tingkat saturasi oksigen pasien, garis gelombang EKG, dan fungsi fisiologis lainnya | |
Ventilator | Merupakan mesin yang berfungsi untuk membantu pernapasan. Dibutuhkan pasien yang tidak dapat bernapas sendiri / memiliki gangguan napas | |
Trakeostomi | Alat yang dipasang pada lubang di bagian depan leher dan masuk hingga tenggorokan. Dilakukan pada pasien yang memiliki obstruksi jalan napas atas | |
NGT | Selang yang dimasukkan melalui hidung hingga ke lambung. Digunaka untuk pemberian nutrisi sementara bagi pasien atau untuk mengeluarkan isi perut (gastric suctioning) | |
Kateter | Kateter membantu pasien yang mengalami kendala dalam pembuangan urin |
Baca juga: Perawatan Luka di Rumah
Cerita Pasien Perawatan Pasca ICU di Rumah: Bapak H
Bapak H, merupakan salah satu klien pasca ICU yang Kavacare rawat. Bapak H mengalami stroke perdarahan dan menjalani operasi kraniotomi (Prosedur pembedahan otak untuk mengevakuasi perdarahan dan masalah lainnya di otak). Hal ini menyebabkan Bapak H berada dalam kondisi tirah baring dan bergantung oleh berbagai alat kesehatan yang terpasang seperti trakeostomi, NGT, kateter, dan oksigen.
Selama proses pemulihan pasca ICU, Kavacare memberikan perawatan HPC Intensif 24 jam selama satu bulan. Perawatan ini diiawasi oleh dokter penanggung jawab dari Kavacare yang membuat penjadwalan shift tim perawat, dokter umum, pemeriksaan lab dan didukung dengan penyewaan alat kesehatan untuk pemulihan Bapak H secara maksimal. Merupakan kabar baik untuk keluarga dan Kavacare melihat keadaan Bapak H terus membaik dan makin mandiri, sehingga kini Bapak H tidak lagi membutuhkan HPC Intensif 24 jam, melainkan berkembang membaik menjadi HPC Advance dan hanya membutuhkan perawatan sesekali seperti cek lab, dokter visit, atau tindakan pergantian alat kesehatan yang terpasan. Total waktu perawatan yang dialami Bapak H adalah 2,5 bulan dan saat ini masih berjalan.
Kavacare berkordinasi dengan perusahaan tempat Bapak H bekerja terkait pembayaran, sehingga keluarga dapat fokus menjaga dan mendoakan kesembuhan Bapak H.
Pertanyaan Seputar Perawatan Pasca ICU di Rumah
Apakah Seseorang yang Masuk ICU Bisa Sembuh?
Kondisi pasien ICU beragam, namun banyak kasus pasien ICU yang berangsur membaik. Namun, pulih dari ICU bukan berarti pasien dapat langsung berfungsi normal.
Untuk menjalani kegiatan sehari-hari kembali normal memang akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, dapat berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Namun dengan perawatan yang baik, kondisi pasien pasca ICU yang dapat berangsur meringan.
Perawatannya juga akan menjadi lebih sederhana secara bertahap, misalnya dimulai dengan pendampingan perawatan medis yang membutuhkan 5 tindakan medis per hari, menjadi 3 tindakan medis per hari, kemudian tidak membutuhkan tindakan medis lagi.
Berapa Biaya Perawatan Pasca-ICU di Rumah dan Bagaimana Pembayarannya?
Pembayaran perawatan pasca ICU dapat dilakukan secara pribadi (debit dan kartu kredit), atau dengan penjaminan dari Perusahaan dan Asuransi klien. Untuk pembayaran pribadi, Kavacare akan memberikan tagihan dengan rincian perawatan selama setidaknya per minggu hingga per bulan sesuai kebutuhan.
Sedangkan untuk jaminan pembayaran oleh perusahaan dan asuransi, Kavacare akan berkordinasi langsung dengan pihak perusahaan dan asuransi sehingga keluarga klien dapat fokus dalam proses penyembuhan klien.
Perawatan pasca ICU membutuhkan kordinasi yang menyeluruh antara keluarga, pihak rumah sakit, dan Kavacare. Hubungi Kavacare Support di WA 0811 1446 777 untuk mempersiapkan perawatan intensif pasien di rumah.
Selain perawatan pasca ICU di rumah, dapatkan juga layanan homecare lainnya dari Kavacare:
- Infus di Rumah. Melayani pemberian infus cairan, multivitamin, nutrisi serta obat-obatan di rumah oleh perawat profesional.
- Perawatan Luka di Rumah. Merawat luka terbuka, luka infeksi, luka dekubitus, luka diabetes, luka setelah operasi, dan lainnya.
- Panggil Dokter ke Rumah. Melayani konsultasi, pemeriksaan, dan tindakan medis sederhana.
- Pasang Kateter di Rumah. Melayani pemasangan kateter wanita maupun pria di rumah oleh perawat dan dokter.
- Cek Darah di Rumah. Melayani cek urin, cek darah lengkap, dan swab Covid-19 di rumah.
- Pasang NGT di Rumah. Melayani pemasangan NGT (selang makan/selang sonde).
- Konsultasi Psikolog di Rumah. Layanan konseling online atau kunjungan psikolog/psikiater profesional ke rumah.