Kebijakan Layanan
Hak dan Kewajiban Pasien
Hak Pasien
- Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di klinik dan saat pelaksanaan layanan homecare.
- Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien.
- Mendapatkan informasi yang benar tentang pelayanan yang diberikan.
- Mendapatkan pelayanan yang efektif, aman, bermutu, jujur, dan nondiskriminasi dengan mengutamakan kepentingan terbaik pasien sesuai dengan standar profesi, standar pelayanan dan standar prosedur operasional.
- Mendapatkan pelayanan gawat darurat sesuai dengan kemampuan pelayanannya tanpa meminta uang muka terlebih dahulu atau mendahulukan kepentingan finansial.
- Mendapatkan sistem rujukan dengan tepat.
- Mendapatkan informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai hak dan kewajiban pasien.
- Meminta konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter lain yang mempunyai Surat Ijin Praktek (SIP) baik dalam maupun di luar klinik.
- Mendapatkan privasi dan kerahasian penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya sesuai peraturan perundang - undangan.
- Mendapatkan informasi yang meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, alternatif tindakan, risiko, dan komplikasi yang mungkin terjadi, dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan.
- Menjalankan ibadah sesuai agama atau kepercayaan yang dianutnya selama hal itu tidak mengganggu pasien lain.
- Kepatuhan atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam pelayanan.
- Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya.
- Mendapatkan seluruh lingkungan klinik yang bersih dari asap rokok.
- Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas pelayanan yang diterima.
- Hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut.
- Hak untuk mendapat pembinaan dan edukasi pasien.
- Hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya.
- Memiliki rekam data kesehatan yang terintegrasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) atau tenaga medis lainnya untuk tujuan penyembuhan dan keselamatan pasien, dengan tetap menjaga privasi dan kerahasiaan penyakit dari pihak luar.
- Mendapatkan informasi mengenai kondisi pasien dari fasyankes atau tenaga medis, serta menerima informasi tentang kelanjutan pengobatan demi kepentingan pasien.
Kewajiban Pasien
- Mengikuti tata tertib yang berlaku di klinik dan saat pelaksanaan layanan homecare.
- Tidak melakukan tindakan yang agresif baik verbal maupun non verbal, atau melanggar privasi petugas kesehatan.
- Wajib untuk mematuhi segala instruksi dokter dan perawat dalam pengobatannya.
- Wajib memberikan informasi dengan jujur dan selengkapnya tentang penyakit yang diderita kepada dokter yang merawat.
- Pasien dan atau penanggungnya berkewajiban menyetujui informasi dan menaati persetujuan yang telah dibuatnya (informed consent).
- Wajib menghormati hak pasien lain, pengunjung dan hak tenaga kesehatan serta petugas lainnya yang bekerja di klinik.
- Mematuhi rencana terapi yang direkomendasikan oleh tenaga kesehatan di klinik dan disetujui oleh pasien yang bersangkutan setelah mendapatkan penjelasan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
- Menerima segala konsekuensi atas keputusan pribadinya untuk menolak rencana pengobatan yang direkomendasikan oleh tenaga kesehatan dan/atau tidak mematuhi petunjuk yang diberikan oleh tenaga kesehatan untuk penyembuhan penyakit, atau masalah kesehatan lainnya.
- Mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen secara patut.
- Pasien dan atau penanggungnya berkewajiban untuk melunasi semua biaya atas jasa pelayanan klinik atau dokter.
- Tidak meminta pelayanan yang bertentangan dengan standar profesi dan etika serta peraturan perundang-undangan.
- Klien/pasien atau pihak yang ditunjuk klien/pasien wajib memberi data yang lengkap dan sesuai tentang penyakit yang diderita kepada dokter yang merawat, serta memberikan ijin kepada Kavacare untuk pertukaran informasi data dan kondisi medis kepada fasyankes atau tenaga medis medis untuk tujuan diagnosa, penyembuhan dan keselamatan pasien, dengan tetap menjaga privasi dan kerahasiaan dari pihak yang tidak berkepentingan sesuai aturan perundangan berlaku.
Data Pribadi
Kavacare memastikan bahwa informasi pribadi yang Anda berikan ditangani sedemikian rupa sehingga privasi pribadi Anda dilindungi dan diamankan semaksimal mungkin. Kavacare hanya mengumpulkan informasi pribadi yang diperlukan untuk melayani, untuk mengumpulkan statistik web dan untuk memenuhi persyaratan wajib.
Cookies
Kavacare mengumpulkan dan menyimpan berbagai informasi pengunjung terkait penggunaan situs web ini. Informasi ini dikumpulkan menggunakan cookie. Cookie adalah file teks yang disimpan oleh browser Anda di hard drive komputer Anda. Cookie kami tidak mengandung informasi pribadi yang dapat diidentifikasi.
Sebagian besar browser web secara otomatis menerima cookie, tetapi Anda biasanya dapat mengubah pengaturan browser Anda untuk mencegahnya. Jika Anda tidak ingin menerima cookie, silakan gunakan fungsi bantuan browser internet Anda untuk melihat bagaimana Anda dapat memblokir semua cookie.
Pengungkapan kepada Pihak Ketiga
Kavacare tidak menyimpan informasi unik tentang Anda, kecuali jika Anda memilih secara eksplisit untuk memberikan informasi tersebut. Semua data yang Anda masukkan di situs web kami, hanya sampai di KavaCare. Kami tidak dengan cara apa pun menyediakan informasi pribadi Anda kepada pihak ketiga tanpa persetujuan Anda.
Modifikasi
Kavacare berhak setiap saat untuk membuat perubahan pada pernyataan privasi ini sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Silakan periksa halaman ini dari waktu ke waktu untuk melihat apakah ada perubahan yang terjadi.