Kehamilan Pertama? Kenali Tanda-Tanda Hamil Muda yang Harus Diketahui

Kehamilan Pertama? Kenali Tanda-Tanda Hamil Muda yang Harus Diketahui

Share

Kehamilan menjadi momen yang sangat spesial dan dinanti oleh setiap pasangan. Namun kenyataannya, tidak semua wanita menyadari tanda-tanda awal kehamilan. Seringkali, gejala awal kehamilan mirip dengan kondisi fisik lainnya, sehingga menjadi terlewatkan.

Hamil muda adalah istilah lain dari tahap awal kehamilan, biasanya dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir hingga sekitar 12 minggu pertama. Selama periode ini, janin sedang berkembang dengan cepat, membentuk organ-organ vital dan sistem tubuhnya.

Ciri-Ciri Hamil Muda yang Tidak Disadari

Berikut adalah beberapa tanda-tanda kehamilan yang mungkin tidak Anda sadari, antara lain:

  • Payudara menjadi lebih sensitif, bengkak, dan mungkin terlihat lebih besar.
  • Kondisi fisik atau stamina akan terasa lebih mudah lelah daripada biasanya.
  • Mual dan muntah atau sering disebut sebagai “morning sickness” yang bisa terjadi kapan saja.
  • Kram perut ringan akan terjadi.

Tanda-Tanda Hamil Muda

Tanda-tanda hamil muda atau kehamilan pada trimester pertama sering kali bervariasi pada setiap orang. Namun, ada beberapa tanda-tanda yang umum terjadi.

1. Terlambatnya Menstruasi

Beberapa wanita juga dapat mengalami perdarahan ringan yang disangka menstruasi biasa.

2. Perubahan pada Selera Makan

Pada fase ini beberapa wanita menginginkan jenis makanan tertentu atau tidak tahan terhadap bau dan rasa makanan lainnya.

3. Kelelahan 

Perubahan Hormon dapat menyebabkan kelelahan yang berlebihan.

4. Peningkatan Frekuensi Buang Air kecil

Hormon hCG yang meningkat dapat mempengaruhi ginjal, membuat Anda lebih sering ke toilet.

5. Pening atau Pusing 

Perubahan hormonal dan tekanan darah bisa menyebabkan perasaan pusing.

6. Peningkatan Indra Penciuman 

Banyak ibu hamil melaporkan bahwa merasa lebih sensitif terhadap bau tertentu.

7. Perubahan Mood

Fluktasi hormon dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang tiba-tiba.

 

Baca juga: 8 Bahan Skincare untuk Ibu Hamil yang Perlu Diperhatikan

Bagaimana Tanda Hamil Muda 1 Minggu?

Banyak orang yang tidak merasakan gejala hamil mudah pada minggu pertama, sementara yang lain mungkin merasakan gejala kehamilan yang sangat dini seperti kelelahan, nyeri payudara, dan kram ringan dalam 5-6 hari pertama setelah berhubungan seksual dan menghasilkan konsepsi atau pembuahan sel telur oleh sperma.

Biasanya, tenaga medis mengukur masa awal kehamilan pada minggu pertama sejak hari pertama periode menstruasi terakhir. Cara ini terbukti dapat membantu menentukan perkiraan tanggal kehamilan.

Ciri-Ciri Perut Hamil Muda 1 Minggu

Selama awal kehamilan, perut wanita akan terasa kembung, mirip dengan gejala pra-menstruasi. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang memengaruhi sistem pencernaan, sehingga menyebabkan peningkatan gas dan kembung di dalam perut. 

Gejala perut awal kehamilan lainnya meliputi antara lain kram, sembelit, dan mulas.

Bagaimana Cara Memastikan Kehamilan?

Untuk memastikan apakah Anda sedang hamil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Tes Kehamilan

  • Test Pack: Cara paling umum dan mudah. Cukup dengan menggunakan urine pertama pagi hari, Anda bisa mengetahui hasilnya dalam beberapa menit.
  • Tes darah: Lebih akurat dibandingkan test pack. Tes ini dilakukan di laboratorium dan dapat mendeteksi hormon kehamilan (hCG) lebih dini.

2. Pemeriksaan USG

Pemeriksaan USG dilakukan dengan menggerakkan transduser ultrasound di atas gel yang dioleskan ke perut. Pemeriksaan USG dilakukan untuk menghitung usia kehamilan, mengetahui kondisi awal janin, dan mendeteksi masalah pada janin.

3. Konsultasi ke Dokter

  • Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memeriksa tanda-tanda kehamilan seperti pembesaran rahim, perubahan pada serviks, dan suara jantung janin (jika usia kehamilan sudah cukup).
  • Selanjutnya, Dokter akan mengambil sampel darah untuk mengukur kadar hormon hCG.
  • Pemeriksaan menggunakan gelombang suara (Ultrasonografi) untuk melihat gambar janin di dalam rahim.

Bagaimana Cara Perhitungan Usia Kehamilan?

Cara yang paling umum untuk perhitungan usia kehamilan adalah dengan menghitung 40 minggu, atau 280 hari, dari hari pertama periode menstruasi terakhir Anda (HPHT). 

Jika Anda mengetahui tanggal konsepsi yang tepat, Anda dapat menghitung 38 minggu, atau 266 hari, dari tanggal tersebut. Metode ini memungkinkan jika Anda telah melacak ovulasi Anda dengan alat prediksi ovulasi.

Apa Pantangan untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda?

Berikut ini pantangan ibu hamil muda untuk menjaga kesehatannya, di antaranya: 

1. Makanan dan Minuman

Hindari makanan mentah, jeroan, telur setengah matang, steak setengah matang, buah dan sayuran yang tidak higienis, makanan laut tinggi merkuri, susu mentah, minuman berkafein, mayones yang diproduksi dari telur yang kurang matang, dan durian. 

 

Baca juga: Panduan Gizi Ibu Hamil

 

2. Hindari Melakukan Aktivitas Fisik yang Berat

Mengangkat beban yang terlalu berat bisa memberikan tekanan pada rahim dan punggung.

3. Dilarang Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Merokok selama kehamilan dapat meningkatkan risiko komplikasi seperti keguguran, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah.

 

Baca juga: 6 Pantangan Makanan Ibu Hamil, Penting Diketahui!

Pola Makan untuk Ibu Hamil Muda

Selama kehamilan, nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Beberapa jenis makanan yang disarankan dan tidak disarankan untuk ibu hamil muda antara lain buah-buahan dan sayuran, daging yang kaya akan vitamin, asam folat, zat besi, serat, dan kalsium. 

Jika Anda membutuhkan ahli gizi dan ingin berkonsultasi mengenai nutrisi yang baik untuk masa kehamilan Anda, hubungi Kavacare Support di nomor WhatsApp  0811 1446 777.

Sumber:  

  1. Ciri-Ciri Kehamilan – Cleve and Clinic.  https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9709-pregnancy-am-i-pregnant. Diakses pada 30 September 2024.
  2. Masa Kehamilan dari Minggu ke Minggu – Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy/art-20047208. Diakses pada 30 September 2024.
  3. Tanda-Tanda Hamil Muda – Med Park. https://www.medparkhospital.com/en-US/lifestyles/symptoms-of-pregnancy. Diakses pada 30 September 2024. 
Avatar
Reviewed by:
Ditinjau oleh:

Dr. Eddy Wiria, PhD

Co-Founder & CEO Kavacare