3 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jantung

3 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jantung

Share

Yoga adalah praktik kuno dari India yang menggabungkan gerakan tubuh, pernafasan, dan meditasi untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental. Dengan melakukan olahraga ini, Anda dapat mencapai keseimbangan antara tubuh, pikiran, dan jiwa. Meskipun sering diasosiasikan dengan peregangan dan postur tubuh. Olahraga ini memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk dalam mengatasi dan mengelola berbagai kondisi medis seperti tumor tulang jinak. 

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jantung

Olahraga ini tidak hanya berkaitan dengan peregangan tubuh, tetapi juga melibatkan meditasi dan relaksasi yang mendalam. Salah satu manfaat utama adalah kemampuannya dalam mengelola stres. Dengan mengatur pola napas saat melakukan praktik, Anda dapat merasakan banyak manfaat untuk kesehatan jantung Anda, 

1. Mengontrol Tekanan Darah

Stres emosional dapat menyebabkan pelepasan hormon kortisol dan adrenalin, yang dapat mempersempit pembulu darah dan meningkatkan tekanan darah. Olahraga ini dapat membantu mengurangi stres melalui teknik pernapasan dan relaksasi, yang pada gilirannya dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Penelitian tahun 2017, menunjukan bahwa orang yang rutin melakukan olahraga inu selama sebulan dapat menurunkan tekanan darah, baik sistolik maupun diastolik. 

2. Mengontrol Kolesterol dan Gula Darah

Seperti dengan lainnya, olahraga ini dapat membantu memperbaiki kadar kolestrol dan gula darah. Stres kronis yang berlebihan dapat meningkatkan hormon kortisol yang berhubungan dengan obesitas dan resistensi insulin dan telah terbukti menurunkan kadar adrenalin dan kortisol, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Penelitian pada pasien diabetes tipe 2 menunjukan bahwa ketika Anda melakukan olahraga ini dapat menurunkan kolestrol total, trigliserida, dan kolestrol jahat LDL dan kolekstrol baik HDL. 

3. Membantu Proses untuk Berhenti Merokok

Merokok adalah salah satu faktor risiko terbesar penyakit jantung. Olahraga ini dapat membantu perokok dalam upaya berhenti merokok dengan mengurangi stres dan meningkatkan kontrol diri. Penelitian tahun 2018 menunjukan bahwa meskipun sebagian besar peserta tidak sepenuhnya berhenti merokok, mereka mengalami penurunan signifikan dalam konsumsi rokok harian mereka. 

 

Baca juga: 6 Jenis Olahraga untuk Pasien Diabetes

Tips Olahraga Yoga untuk Pemula

Jika Anda baru memulai olahraga, terutama jika Anda berusia di atas 65 tahun atau memiliki kondisi medis tertentu, berikut beberapa tips untuk memulainya dengan aman dan efektif. 

1. Menerima Bahwa Anda Seorang Pemula

Pertama, penting untuk memahami bahwa menjadi pemula adalah hal yang normal. Jangan merasa frustrasi jika Anda kesulitan mengikuti gerakan olahraga ini yang benar, karena proses menyesuaikan tubuh dalam olahraga ini membutuhkan waktu.

2. Mulai dengan Perlahan

Pilih kelas yang memiliki tempo lebih lambat jika Anda baru memulai. Gerakan yang cepat dapat berisiko menyebabkan cedera jika Anda belum terbiasa. Bersabarlah dan berfokuslah pada dasar-dasar yoga sebelum mencoba gerakan yang lebih kompleks.

3. Bernapas dengan Benar

Pernapasan yang tepat sangat penting dalam olahraga ini. Jika Anda kesulitan dengan postur, perhatikan pola napas Anda. Pernapasan yang tenang dan santai dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan keseimbangan.

 

Baca juga: Gerakan Senam Jantung Sehat

4. Memakai Matras yang Sesuai

Gunakan matras yang memberikan cukup traksi dan tidak licin. Matras yang baik akan membantu Anda merasa lebih stabil dan fokus selama latihan.

5. Perhatikan Fondasi

Fondasi tubuh sangat penting saat melakukan olahraga ini. Pastikan Anda meletakkan tangan dan kaki dengan benar untuk menciptakan dukungan yang stabil dalam setiap postur.

6. Perhatikan Otot Inti

Otot inti yang kuat mendukung postur olahraga ini dan mengurangi risiko cedera. Latihan yang konsisten akan memperkuat otot inti Anda, membuat latihan akan lebih mudah dan efektif.

Apabila Anda memerlukan informasi lebih lanjut mengenai yoga untuk penyakit jantung, Kami menyediakan layanan homecare untuk pendampingan di rumah, telekonsultasi seputar penyakit jantung, atau persiapan berobat jantung di dalam negeri atau luar negeri. Hubungi  Kavacare Support di nomor Whatsapp 0811 1446 777.

Sumber:

  1. Yoga Practice Improves the Body Mass Index and Blood Pressure: A Randomized Controlled Trial – PMC. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3861018/. Diakses 17 September 2024.
  2. Yoga as a Complementary Therapy for Smoking Cessation: Results From BreathEasy, a Randomized Clinical Trial – PMC. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6821291/. Diakses 17 September 2024.
  3. The Yoga-Heart Connection – Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/the-yoga-heart-connection#:~:text=Yoga%20as%20Heart%20Booster,it%20a%20useful%20lifestyle%20intervention. Diakses 17 September 2024.
  4. Is yoga heart-healthy? It’s no stretch to see benefits – Hearth Science Suggests. https://www.heart.org/en/news/2019/04/12/is-yoga-heart-healthy-its-no-stretch-to-see-benefits-science-suggests. Diakses 17 September 2024. 
  5. How yoga may enhance heart health – Health Hardcard Education. https://www.health.harvard.edu/heart-health/how-yoga-may-enhance-heart-health. Diakses 17 September 2024.
  6. Top 10 tips for beginner yogis – Ekhart Yoga. https://www.ekhartyoga.com/articles/practice/top-10-tips-for-beginner-yogis. Diakses 17 September 2024. 

 

Avatar
Reviewed by:
Ditinjau oleh:

Dr. Eddy Wiria, PhD

Co-Founder & CEO Kavacare