Kenali Jenis-Jenis dan Cara Pencegahan Kista Ganglion

Kenali Jenis-Jenis dan Cara Pencegahan Kista Ganglion

Share

Kista ganglion terbentuk ketika cairan sinovial, yang berfungsi sebagai pelumas sendi, bocor dari sendi atau tendon dan membentuk pembengkakan di bawah kulit. Meskipun penyebab pasti dari kebocoran ini tidak diketahui, faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko meliputi cedera mikro berulang, usia 20-50 tahun, jenis kelamin perempuan, serta aktivitas dengan gerakan berulang yang melibatkan pergelangan tangan atau jari.

Kondisi umum yang terjadi ketika mengalami penyakit ini yaitu, dapat menyebabkan ketidaknyamanan, terutama jika terletak di area yang sering digunakan seperti pergelangan tangan. Diagnosis yang akurat dan perawatan yang tepat dapat membantu mengelola gejala dan meminimalkan dampaknya pada aktivitas sehari-hari.

Jenis-Jenis Kista Ganglion 

Tabel Klasifikasi Kista Ganglion

Jenis LokasiKarakteristikUsia Umum Terkena
Kista Ganglion pada Pergelangan Tangan Bagian LuarBagian luar pergelangan tanganSeringkali bisa hilang dengan sendirinyaDewasa muda
Kista Ganglion pada Pergelangan Tangan Bagian DalamBagian dalam pergelangan tanganSering ditemukan pada orang dewasa dan lansia dengan artritisDewasa dan lansia
Kista Ganglion pada Pangkal JariSelubung tendon fleksor di pangkal jariBiasanya muncul pada dewasa mudaDewasa muda
Kista Ganglion pada JariJari (kista mukosa)Biasanya ditemukan pada paruh baya atau lansiaParuh baya atau lansia

Tabel ini memberikan gambaran singkat tentang jenis-jenis penyakit ini berdasarkan lokasi kemunculannya, karakteristik, dan usia umum seseorang yang sering terkena penyakit kista tersebut.

Penyebab dan Faktor Risiko Kista Ganglion

Kista ini terbentuk ketika cairan sinovial yang seharusnya melumasi sendi bocor dan membentuk pembengkakan di bawah kulit. Meskipun penyebab pasti kebocoran ini tidak diketahui, banyak ahli percaya nahwa cedera mikro berulang dapat memicu produksi asam hialuronat oleh sel fibrolas, yang membentuk lendir mirip jeli di dalam kista. 

Faktor risiko terkena penyakit ini meliputi:

  • Berusia 20-50 tahun
  • Jenis kelamin perempuan
  • Menderita osteoartritis
  • Peradangan atau iritasi pada sendi atau tendon
  • Aktivitas dengan gerakan berulang yang melibatkan pergelangan tangan atau jari
  • Cedera sendi atau tendon, terutama pada pesenam.

Pencegahan

Karena penyebab pasti terjadinya penyakit ini belum diketahui, tidak ada cara yang pasti untuk mencegahnya. Namun, menjaga kesehatan persendian tangan, dapat mengurangi risiko. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan sendi tangan, antara lain:

  • Menghindari aktivitas berisiko yang dapat menyebabkan cedera sendi
  • Berhenti merokok, karena tembakau dapat merusak tendon dan jaringan lunak 
  • Mengistirahatkan pergelangan tangan dan jari setelah aktivitas berat.
  • Meregangkan tangan, pergelangan tangan dan jari secara teratur.

 

Baca juga: Mengenal Tumor Tulang: Jenis – Jenis, Gejala, Penyebab dan Cara Pencegahan

Gejala Kista Ganglion

Gejala penyakit ini dapat meliputi benjolan yang terlihat di bawah kulit dengan ukuran 1-3 sentimeter. Meskipun sebagaian besar kista ganglion tidak menimbulkan gejala yang menganggu, beberapa 

  • Nyeri
  • Kesemutan
  • Mati rasa
  • Lemah pada otot.

Diagnosis Kista Ganglion

Untuk mendiagnosis,  dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan:

1.  Pemeriksaan Fisik dan Riwayat Medis

Dokter akan menanyakan tentang durasi kemunculan benjolan, perubahan ukurannya, dan apakah terasa sakit. Dokter juga akan menilai benjolan dengan memberi tekanan ringan untuk memeriksa kelunakan serta menerangi benjolan dengan senter pena untuk memeriksa apakah tembus cahaya. 

2. Tes Pencitraan

Pemeriksaan seperti sinar-X atau MRI mungkin dilakukan untuk memastikan bahwa benjolan bukan tumor lain. Meskipun tes ini biasanya tidak diperlukan untuk diagnosis kista ganglion.

Pengobatan Kista Ganglion

Jika kista ganglion menimbulkan ketidaknyamanan, beberapa opsi pengobatan bisa dipertimbangkan:

  • Pemberian obat anti peradangan untuk mengurangi pembengkakan. 
  • Penggunaan bidai atau penyangga pergelangan tangan untuk membatasi gerakan yang dapat memperburuk kondisi. 
  • Aspirasi, yaitu prosedur menggunakan jarum untuk mengeluarkan cairan dalam kista.
  • Pembedahan, jika kista tidak membaik dengan pengobatan lain, dapat dilakukan prosedur eksisi untuk mengangkat kista. 

Pertanyaan Seputar Kista Ganglion

Apakah Kista Ganglion Berbahaya?

Penyakit ini tidak berbahaya, karena merupakan tumor tulang jinak yang tidak bersifat kanker dan tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. 

Apakah Kista Ganglion Harus Ditangani?

Jika tidak menganggu atau terasa sakit, penanganan mungkin tidak diperlukan karena kista ini kadang-kadang dapat hilang dengan sendirinya. Namun, jika Anda mengalami gejala yang menganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. 

 

Baca juga: Berobat ke Malaysia – KavaLink by Kavacare

Jika memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan perawatan untuk kista ganglion, Anda dapat menghubungi Kavacare untuk berkonsultasi dengan dokter terbaik di rumah sakit terkemuka, Kami siap membantu Anda mendapatkan perawatan yang tepat dan berkualitas. Hubungi Kavacare Support di nomor Whatsapp 0811 1446 777.

Sumber:

  1. Ganglion/Mucous Cysts – TriHealth. https://www.trihealth.com/institutes-and-services/trihealth-orthopedic-and-sports-institute/what-hurts/hand-and-wrist/ganglion-mucous-cysts. Diakses 17 September 2024.
  2. Ganglion Cyst StatPearls –  NCBI Bookshelf. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK470168/. Diakses 17 September 2024.
  3. Ganglion cyst symptoms & treatments – Illnesses & conditions – NHS inform. https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/muscle-bone-and-joints/conditions/ganglion-cyst#. Diakses 17 September 2024.
  4. Ganglion Cyst of the Wrist and Hand – OrthoInfo  AAOS. https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases–conditions/ganglion-cyst-of-the-wrist-and-hand/. Diakses 17 September 2024.
  5. Ganglion Cysts: Causes, Symptoms, Diagnosis & Treatment – Cleve & Clinic . https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15554-ganglion-cysts. Diakses 17 September 2024.
  6. Ganglion cyst  Symptoms and Causes – Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ganglion-cyst/symptoms-causes/syc-20351156. Diakses 17 September 2024. 
  7. Ganglion Cysts – Michigan Medicine. https://www.uofmhealth.org/conditions-treatments/hand-program/ganglion-cysts. Diakses 17 September 2024. 
Avatar
Reviewed by:
Ditinjau oleh:

Dr. Eddy Wiria, PhD

Co-Founder & CEO Kavacare